Suka Enggak Suka, Ini Fakta Durian

Durian memang buah penuh kontroversi karena bisa jadi sangat digemari, tapi ada juga yang sangat membenci. Ibarat selebriti hari ini yang punya lovers, tapi juga punya haters. Inilah beberapa fakta paling unik seputar durian:

 

DURIAN MERAH

 

Masyarakat Banyuwangi pasti sudah tidak asing dengan ini ya? Durian dengan tampilan luar seperti durian pada umumnya, namun dengan daging buah yang lebih kecil namun tebal serta biji yang lebih kecil. Dan yang paling unik ialah warna daging buahnya yang merah eksotik. Letak geografis Banyuwangi rupanya menjadi faktor dari maksimalnya penanaman buah durian merah dan menghasilkan buah yang begitu sempurna rasa dan khasiatnya. Tak heran, buah ini menjadi salah satu penganan favorit yang dicari wisatawan jika bertandang ke Banyuwangi. Namun, durian merah biasanya hanya panen di bulan-bulan awal tahun seperti maret hingga april. Selebihnya jangan terlalu berharap akan mendapatkannya dengan mudah. Warnanya saja sudah menarik perhatian, penasaran kan dengan rasanya?

 

 

MENGANDUNG BAHAN BAKU KOLAGEN

 

 

Sebetulnya banyak kandungan manfaat dari Durian, salah satunya ialah bahan baku kolagen. Remaja terutama remaja putri hari ini sangat keranjingan mengkonsumsi kolagen yang dipercaya dapat membuat warna kulit sehat dan putih. Bahkan kini tersedia berbagai produk kecantikan dan bahkan minuman kemasan yang mengandung kolagen. Karena kolagen menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

 

DURIAN DILARANG DI NEGARA LAIN

Buah durian merupakan buah elit bagi warga Asia. Thailand bahkan melakukan eksplorasi penelitian untuk menghasilkan berbagai varian durian. Salah satunya ialah durian montong yang biasa dijual lebih mahal dari durian lokal. Namun, orang barat rupanya membenci aroma durian yang menyengat. Bahkan memakan buah durian dianggap sebagai sebuah tantangan yang patut diacungi jempol jika berani memakannya. Hal ini menunjukkan perbedaan selera lidah Asia dan Barat dalam menilai rasa dan aroma buah durian. Atau bahkan orang barat tidak berani mencicipi rasanya karena tidak suka dengan aromanya. Siapa tahu kalau sudah makan buahnya??

Jangan lupa cicipi Durian Bolen Mayasari ya :)

sumber: dari berbagai sumber

 

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.