Mengapa Atlet Hobi Makan Pisang?

 

Kunci kesuksesan seorang altet ada pada kondisi tubuhnya, jika seorang atlet mampu menjaga tubuhnya tetap sehat. Maka tidak ada hambatan baginya untuk melakukan proses latihan demi menjadi seorang atlet yang berprestasi. Kesehatan tubuh seperti yang kita ketahui tergantung pada apa yang kita makan. "You Are What You Eat" ialah pepatah yang sama sekali tidak salah, segala apapun yang kita makan akan menentukan bagaimana diri kita ke depannya. Buah-buahan dan sayuran merupakan asupan yang amat sangat baik bagi tubuh, kandungan gizi dalam buah dan sayuran mempunyai dampak baik yang langsung dirasakan oleh tubuh. Buah pisang merupakan buah yang menjadi "best friend" bagi para olahragawan/ atlet. Mengapa ? Mari kita simak informasinya.

 

Para atlet biasanya sangat khawatir dengan terjadinya "kram otot" di tengah-tengah latihan atau bahkan pertandingan. Karena hal ini akan menghambat mereka untuk berolahraga secara maksimal, mengganggu fokus mereka dalam menyeimbangkan kondisi tubuh. Dengan buah pisang yang kaya akan potassium, atlet mendapatkan nutrisi yang mampu menurunkan resiko kram otot tersebut. Beruntunglah atlet Indonesia karena buah pisang sangat mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Sementara di negara lain seperti korea, buah pisang cukup mahal dan sulit untuk didapat. Biasanya orang-orang menggantinya dengan jus pisang kemasan.

 

Selain itu, dengan mengkonsumsi pisang, atlet mendapat manfaat asam amino yang membakar lemak dan mengubahnya menjadi cadangan energi yang alami. Asam amino sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan hanya dapat diperoleh dari makanan salah satunya buah pisang. Untuk mengurangi resiko kekurangan mineral ketika berolahraga dan mengeluarkan cairan tubuh, kandungan pectin, potassium dan magnesium dalam pisang dapat menekan hal tersebut. Menurut data dari USDA National Nutrient data base, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sekitar 22.84 gram atau sekitar 18% dari seruluh kandungan gizinya sehingga pisang mampu menahan rasa lapar.

 

Sehingga tak jarang para atlet membiasakan diri mengkonsumsi buah pisang sebelum dan sesudah berolahraga atau bahkan di sela-sela waktu latihan atau pertandingan. Karena kadar gula dalam pisang mudah dicerna sehingga menghasilkan cadangan energi yang instan. So, kamu atlet ? Jangan sampai ketinggalan info penting ini ya !

 

source:

pict: google

article: berbagai sumber

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.