Bantu Penuhi Kalori Harian Anak dengan Camilan

 

Anak membutuhkan sekitar 1200 - 2200 kalori per-hari tergantung usia. Selain dari makanan pokok, anak-anak juga membutuhkan kalori dari camilan yang diberikan di sela-sela jam makan. Porsi camilan bagi anak biasanya sebesar 20% dari kebutuhan kalori per-harinya. Dilansir dari parenting.co.id, pakar gizi menganjurkan, batita  boleh ngemil tiga kali dalam sehari; anak-anak prasekolah dan usia sekolah sampai umur delapan tahun, dua kali; anak umur sembilan tahun dan lebih satu kali.

 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Nielsen Global Survey Snacking terhadap 30.000 orang dari 60 negara di seluruh dunia, orang-orang menghabiskan 4,5 juta miliar per-tahun untuk membeli camilan. Namun sebenarnya kebiasaan ngemil jadi tidak terlalu baik ketika yang dikonsumsi ialah camilan yang tidak sehat dan hanya mengandung karbohidrat seperti gula, tepung, dan karbo lainnya. Bahkan kebiasaan ini malah bisa menjadi malapetaka bagi kesehatan tubuh kita. 

 

Untuk itu, meskipun anak sangat membutuhkan camilan sebagai penunjang terpenuhinya kalori harian mereka, orang tua harus cerdas memilih camilan yang tetap mengandung gizi dan protein baik. Di luar negeri bahkan terdapat waktu-waktu yang sudah dijadwalkan khusus sebagai "waktu ngemil" bagi anak-anak di sekolahnya. Jadi bun, hati-hati ya dengan kebiasaan jajan anak yang mungkin kurang sehat dan sembarangan. Apalagi di zaman seperti sekarang di mana terdapat banyak makanan yang  mengandung zat berbahaya dan diolah secara tidak higienis. Waspada ya bun!

 

 

 

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.