Apa Sih Bedanya Pisang Bolen dan Pisang Molen?

Ada yang masih bingung bedanya bolen dan molen? Masih merasa keduanya sama saja? Sebetulnya kedua cemilan ini jauh berbeda meskipun bahan dasarnya sama-sama tepung dan pisang. Namun pisang bolen dan pisang molen sangat berbeda dalam proses pembuatannya. Mari kita mulai dengan pisang bolen terlebih dahulu.

 

1. Pisang Bolen

 

 

Kue pisang bolen yang awalnya dikenal yaitu hanya pisang bolen keju, kue bolen dibuat dari adonan pastry danish yang diolesi korsvet sehingga hasil akhirnya nanti berlapis-lapis dan tipis. Pisang bolen biasanya memiliki isian pisang raja bulu yang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukan sebagai isian pastry. Setelah pisang, bolen juga diberi potongan keju cheedar lalu dilipat membentuk persegi. Setelah itu barulah dipanggang di oven dan menghasilkan pisang bolen yang bertekstur lembut, isian pisang yang juicy, keju cheedar yang meleleh di mulut. Harga pisang bolen biasanya lebih mahal ketimbang pisang molen karena jarang dijual dipinggir jalan atau dijual per pieces. Di Mayasari Bakery, kue bolen tersedia dalam berbagai rasa seperti pisang bolen keju, pisang bolen coklat, nanas bolen, durian bolen, kacang bolen dan peuyeum bolen. Harga per box nya berkisar Rp. 42.000- 44.000,- (12 pieces). Jika dihitung harga satuannya, tentu masih terbilang murah. Apalagi dengan rasa yang luar biasa nikmat karena jauh dari bahan pengawet kimia dan dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi.

 

 

2. Pisang Molen

 

Lalu bagaimana dengan kembarannya si pisang molen ini? Kita mungkin lebih banyak mendengar nama pisang molen, karena cemilan satu ini banyak dijual di pedagang kaki lima. Pisang molen pada umumnya dibalut dengan adonan terbuat dari terigu yang dipress hingga tipis. Bentuknya seperti keong, agak memanjang dan lonjong, isian pisangnya juga tidak digoreng terlebih dahulu melainkan pisang yang telah dikupas dan langsung dilapisi dengan adonan. Selain itu pisang bolen juga tidak dipanggang, melainkan digoreng langsung hingga matang dan siap dihidangkan. Harga pisang molen berkisar Rp. 500-1500,- per buah. Tidak seperti pisang bolen, pisang molen justru biasa dijual per-buah bersamaan dengan aneka gorengan lainnya seperti bala-bala, gehu, tempe goreng atau onde dan sebagainya.

 

Bagaimana, kedua cemilan ini sangat jauh berbeda kan? Pisang bolen merupakan kue pastry, sedangkan pisang molen hanya menggunakan adonan tepung manis biasa. Pisang bolen umumnya dijual perbox tapi ada juga perbuah. Sedangkan pisang molen mempunyai harga yang lebih ekonomis lagi dan umumnya dijual per-buah. Jadi, mana yang lebih anda suka? Karena kedua cemilan ini sama-sama enak dan sehat. Pisang raja yang digunakans sebagai fillingnya mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi jangan mengkonsumsi berlebihan ya :)

 

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.