4 Tips Untuk Menghasilkan Kue yang Lembab

Kadang kita sangat ingin mencoba membuat kue favorit kita sendiri dengan rasa yang senikmat kue buatan baker ahli. Namun kita seringkali malah menghasilkan kue yang kering dan keras. Mungkin beberapa hal di bawah ini dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Selamat membaca!

  1. Perhatikan, Jangan Sampai Over-Bake

  2. Jika kita memanggang kue terlalu lama, tentu saja kue akan kering dan rapuh. Lapisan luarnya pun akan terlihat gosong dan keras. Saat memanggang kue kita harus memperhatikan suhu oven agar tidak over-bake. Sangat bagus jika kita memiliki termometer khusus oven, karena oven rumahan seringkali lebih panas atau bahkan lebih dingin dari suhu yang kita setting pada oven. Selain itu terdapat pula bagian dari oven yang lebih panas, atau lebih dingin di titik-titik tertentu sehingga akan merubah durasi pemanggangan.

    Cek keadaan kue yang sedang dipanggang ketika waktu memanggang telah sesuai dengan yang tertera pada resep. Jangan terlalu sering mengintip atau membuka-tutup pintu oven karena akan merubah suhu oven dan menghasilkan kue yang bantat. Catat berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai kue anda matang agar anda bisa memastikannya dikemudian hari tanpa harus membuka-tutup oven untuk memeriksa.


  3. Bungkus Loyang dengan Baking Strips

  4. Dalam membuat kue yang padat seperti mud cake atau fruit cake dan membutuhkan waktu yang agak lama untuk memanggangnya. Gunakanlah baking strips/ cake strips pada bagian luar loyang agar tepian kue bisa matang bersamaan dengan bagian tengah adonan. Cake strips bisa diakali dengan handuk bekas yang dibungkuskan ke sisi luar loyang.


  5. Jangan Meremehkan Gula

  6. Banyak orang mengurangi takaran gula dari takaran yang ada dalam resep dengan alasan gula itu tidak baik untuk kesehatan. Namun, sebelum kita melakukannya sebaiknya kita pahami dulu bahwa kegunaan gula di sini bukan hanya sebagai pemanis. Gula juga berfungsi untuk mengikat dan menahan air, hal inilah yang membuat kue tetap lembab. Gula dapat menyerap kelembaban dari udara. Itulah mengapa cookies akan “melempem” jika anda tidak menyimpannya dengan benar. Jika kita mengurangi takaran gula begitu saja, berarti kita mengurangi kelembaban kue yang kita buat.


  7. Simpan dengan Baik dan Benar

  8. Setelah kue anda matang, perhatikan cara menyimpannya. Karena jika tidak kelembaban kue akan cepat hilang. Ada baiknya kita dinginkan dulu sebelum dikeluarkan dari loyang, atau jika kita tidak ingin langsung menhiasnya lebih baik dibungkus dengan plastik khusus membungkus makanan. Menyimpan kue di tempat yang kedap udara adalah cara terbaik untuk menjaga kelembaban kue.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.