3 Manfaat Sarapan untuk Menunjang Prestasi Anak

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi jauh lebih besar dari orang dewasa, tentu saja karena tubuhnya sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan gizi dan nutrisi yang diterima anak sangat berpengaruh terhadap daya pikir, konsentrasi hingga perilaku anak.

 

Inilah 3 fakta penting mengapa anak wajib sarapan:

 

 

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

 

Sebelum menghadapi pelajaran di sekolah, anak-anak membutuhkan energi yang cukup untuk bisa konsentrasi pada pelajaran tanpa terganggu oleh rasa lapar, sakit perut, pusing atau mengantuk. Oleh karena itu sarapan pagi sangat penting untuk memberikan anak energi agar semangat beraktifitas sepanjang hari. Anak yang terbiasa sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lebih tinggi dibanding anak yang tidak biasa sarapan. Padahal, setelah tidur semalaman tubuh kehilangan kadar gula secara drastis dan membutuhkan penggantinya segera saat pagi.

 

2. Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikilogis

 

Ketika kadar gula dalam tubuh menurun, maka energi dalam tubuh juga menurun. Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan pagi merupakan sumber energi untuk beraktifitas. Ketika anak melewatkan sarapannya sebelum beraktifitas. tubuhnya terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag. Sementara pada psikologisnya anak yang tidak sarapan cenderung cepat marah, cemas, lesu, gerak-gerik lamban atau kurang ceria.

 

3. Mencegah Obesitas pada Anak

 

Rupanya sarapan pagi membantu menghindari risiko obesitas pada anak, karena anak yang tidak sarapan pagi cenderung merasa kelaparan sepanjang hari. Alhasil mereka akan makan siang dengan porsi besar dan cenderung memilih jajanan yang tidak sehat. Jika nafsu makan tidak terkendali, anak sangat mungkin terserang obesitas.

 

Pentingnya sarapan pagi bukan hanya sebagai penambah energi, atau penunjang prestasi anak, sarapan pagi harus dibiasakan agar anak tidak menyepelekan pentingnya sarapan untuk masa depan mereka. Tidak hanya saat sekolah dasar, namun hingga dewasa pun mereka akan terbiasa sarapan jika telah ditanamkan sejak dini. Tidak kalah penting ialah bagaimana kita memilih sarapan yang sehat untuk anak-anak kita dan keluarga. Jika anda sedang terburu-buru dan tidak sempat menyiapkan sarapan, anda harus menyiapkan alternatif misalnya pisang bolen atau banana roll dari Mayasari :) Karena pisang kaya akan nutrisi yang membantu memberikan tenaga untuk beraktifitas. Mengkonsumsi dua buah pisang bisa memberikan energi yang cukup untuk beraktifitas berat selama 90 menit. Jadi, jangan lupa sarapan ya!

 

sumber: dari berbagai sumber

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.